Saturday, December 21, 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » Open Source Social Bookmarking Script

Open Source Social Bookmarking Script






Open Source Social Bookmarking Script --- Sekarang sudah banyak sekali situs social bookmarking di Indonesia namun hanya beberapa saja yang bertahan dan masih ramai di tongkrongin oleh para blogger mania untuk mempromosikan konten miliknya dengan maksud menambah kunjungan blog dan memanfaatkan Link Back dari Social Bookmarking tersebut.
Di Indonesia sendiri situs Social bookmarking memang sangat banyak sekali hal tersebut dikarenakan banyak juga yang menyediakan script dengan engine submitter ini atau Digg Clone, hal tersebut sangatlah menguntungkan bagi kita yang suka dengan item gratisan.. :D hayo...hayo (termasuk saya) =)). akan tetapi walaupun pihak penyedia tersebut tidak mewajibkan kita memberikan donasi alangkah baiknya jika kita memakai script tersebut kita ikut berpartisipasi dengan cara melakukan donasi sebagai tanda terima kasih kita, hal tersebut akan membantu pihak penyedia script agar dapat bertahan dan terus mengembangkan Projectnya.



Coba saja anda sebuah penyedia layanan gratisan tersebut ditutup terus kita adalah salah satu pemakainya dan sudah terlanjur cinta sama situs yang kita kelola sayang juga kan, kalau ditutup dimana kita bisa mendapatkan support atau bantuan ketika mendaptkan masalah pada situs kita...hehehe...:D.


Nah sehubungan dengan judul di atas "Open Source Social Bookmarking Script" disini saya akan memberi informasi tentang Script Gratis yang bisa kita gunakan untuk membangun situs Social Bookmarking, menurut saya dari sekian banyak bookmarking script open source yang ada, hanya dua yang menurut saya atau mungkin hanya setau saya mudah dan bagus untuk dijadikan sebagai bahan dasar membuat Situs Social Bookmarking.

Mengapa saya bisa bilang begitu karena saya memang pernah mencoba beberapa script Social Bookmarking dan hanya 2 saja dengan kategori gratisan yang mudah dan tidak terlalu ribet dalam pengelolaannya, script tersebut yaitu :




1. Baker CMS 

BakerCMS ini salah satu script Social Bookmarking dengan engine PHP, Script ini dikembangkan pertama oleh Nick yang berasal dari Jepang, Baker lebih mudah dan user friendly untuk dikelola, BakerCMS ini dahulunnya yaitu bernama HotaruCMS entah kenapa dipindah tangankan dan sekarang berganti nama menjadi Baker CMS.





 Demo 1 / Demo 2  / Download Script BakerCMS




2. Pligg CMS

PliggCMS juga merupakan script Social Bookmarking, script ini cukup banyak digunakan dibanding BakerCMS, akan tetapi menurut saya lebih rumit dibanding dengan BakerCMS.






Lihat Demo - Download Script BakerCMS





Itulah dua script yang dapat dipergunakan untuk membangun situs Social bookmarking atau Digg Clone, dan menurut saya layak untuk dicoba jika kamu sedang mencari referensi Social Bookmarking Script dengan engine PHP. Belum lengkap juga jika saya tidak mempublikasikan bagaimana cara install Pligg dan install BakerCMS, untuk itu jika tertarik silahkan tunggu tutorial Cara membuat Social bookmarking dengan Pligg dan juga Baker yang sedang saya persiapkan.



No comments:

Post a Comment