Friday, November 22, 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » » » » » » » Edan !! Dalam 1 Hari 2 Situs Polri Berhasil Diretas Hacker

Edan !! Dalam 1 Hari 2 Situs Polri Berhasil Diretas Hacker



Edan !! Dalam 1 Hari 2 Situs Polri Berhasil Diretas Hacker - Kemarin Kamis 16 Mei 2013 mungkin akan jadi hari terburuk bagi 2 situs polri yang berhasil diretas (dijebol) oleh para hacker. Yang pertama yaitu situs Kepolisian Negara Republik Indonesia (www.polri.go.id). Situs ini lumpuh sejak pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB siang kemarin. Seramnya, dibagian bawah situs Polri tersebut terdapat gambar pria bertopeng dan tulisan “Hacked by Ibox” di bawahnya. Gambar pria bertopeng dalam situs tersebut mirip dengan gambar pada situs Presiden SBY yang dihack oleh geng Jember. Menurut Menkominfo, Tifatul Sembiring, geng Jember telah meng-hack 5.300 situs, dan bukan hanya situs milik Presiden SBY. "Ini patut diwaspadai, karena ada suatu negara, yaitu Estonia, yang lumpuh gara-gara serangan hacker yang masif," tuturnya   

situs kepolisian www.polri.gi.id

Serangan ini pun terlihat dengan adanya latar belakang berwarna hitam di situs http://divkum.polri.go.id ini. Selain itu, terdapat gambar topeng dengan tangisan darah dan tulisan bahwa situs ini telah diretas oleh Jember Hacker Team. Selain itu, ada pula teks bergerak di bawahnya yang mengambil dua buah ayat dari Al-Quran dari Surat Al-Anaam 162-163. Tidak diketahui apa maksud dari penulisan ayat ini.

Jember Hacker

Serangan hacker rupanya tak hanya berhenti sampai disitu. Kemarin Kamis, situs Polda Jatim juga mengalami hal yang sama. Dalam serangan di situs ini, peretas tidak mengganti tampilan depannya, namun mengganti nama dan domain dari websitenya. Semula situs Kepolisian Daerah Jawa Timur ini memiliki nama alamat www.jatim.polri.go.id dan kini telah berubah menjadi http://polda.masansoft.com.

situs polda jatim

Apabila penyerang di situs Divhum POLRI mau memberitahukan nama kelompok mereka, untuk peretas website Kepolisian Daerah Jawa Timur ini tidak membeberkan siapa mereka dan apa maksud dari aksinya tersebut. Aksi tersebut diketahui sudah berlangsung sejak pagi tadi. Sampai sekarang, nama situs beserta domainnya masih tetap sama dan belum terlihat ada perbaikan dari tim IT Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Walaahh, dengan kejadian Edan !! Dalam 1 Hari 2 Situs Polri Berhasil Diretas Hacker bakal jadi tugas berat buat Divisi Cyber Crime Mabes Polri untuk memburu para hacker ini. Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 11/05/2013, situs Kementerian Pertahanan Indonesia juga berhasil dijebol hacker. Bedanya hacker di Kemenhan berasal dari luar negeri. Situs tersebut diketahui diretas oleh hacker berinisial CVT. Dalam laman situs tersebut, tertulis kalimat bernada sindiran berbunyi: “Oops Myanmar Hacker Was Here”. Rupanya sudah tidak ada lagi situs yang aman di dunia ini.

No comments:

Post a Comment