Friday, October 25, 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami


Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo - Komedo memang bukan termasuk penyakit yang sangat berbahaya akan tetapi dengan munculnya di wajah terutama di hidung sering membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, khususnya bagi perempuan.

Komedo muncul karena adanya pori-pori yang tersumbat baik dalam keadaan tertutup, atau pun terbuka. Komedo tertutup atau disebut juga whitehead biasanya muncul di atas pori-pori kulit yang tersumbat dan biasanya muncul tonjolan-tonjolan putih kecil. Sedangkan komedo terbuka atau Blackhead biasanya kelihatan menyerupai pori-pori yang telah membesar dan hitam.

Komedo muncul bisa disebabkan beberapa faktor, diantaranya.
  1. Kulit kotor
    Kulit yang jarang dibersihkan biasanya menjadi penyebab atau faktor utama munculnya komedo. Hal tersebut dikarenakan kotoran yang tersisa dari aktivitas sehari-hari dan didiamkan tanpa dibersihkan. Maka lama-kelamaan bisa menyumbat pori-pori dan pada akhirnya muncullah komedo.
  2. Kelenjar minyak berlebih
    Minyak memang juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu agar kulit tetap elastis akan tetapi jika kelenjar minyak tersebut berlebihan juga kurang bagus. Maka dari itu kurangi produk-produk kecantikan yang mengandung banyak minyak sehingga bisa membuat debu menempel dan bisa menyumbat pori-pori. Untuk mengatasi kulit berminyak bisa baca artikel mengatasi kulit berminyak.
  3. Kulit mati
    Kulit yang telah mati bisa juga menjadi penyebab munculnya komedo. Maka dari itu lakukan regenarsi kulit secara rutin dan teratur.
Selanjutnya apa yang harus kita lakukan seandainya kulit kita terlanjur muncul komedo? Langkah awal yang harus kita lakukan ialah jangan pernah memencet atau mengeluarkan komedo tersebut dengan paksa menggunakan tangan karena hal tersebut bisa menjadi fatal seperti terjadinya peradangan pada kulit.

Oleh karena itu mari kita ketahui cara menghilangkan komedo secara alami.
  1. Air garam
    Garam termasuk bahan yang sangat mudah untuk ditemukan karena sering dipakai untuk bumbu masak. Selain untuk menggurihkan makanan garam juga bisa membantu dalam menghilangkan komedo dan mengurangi minyak berlebih. Caranya siapkan air hangat dalam wadah lalu campur kan sedikit garam sambil diaduk-aduk. Selanjutnya gunakan air garam tersebut sebagai pencuci muka.
  2. Putih telur
    Selain bisa membuat kulit kencang dan menghilangkan minyak berlebih, putih telur juga bisa dipakai untuk menghilangkan komedo. Caranya ambil putih telur lalu kocok hingga berbuih dan tambahkan 2 sdm madu. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan kurang lebih 15-30 menit atau sampai kering kaku. Selanjutnya bilas dengan air hangat lalu dilanjutkan dengan air dingin sebagai bilasan terakhir. Untuk hasil lebih optimal lakukan 2 kali dalam seminggu.
  3. Lidah buaya
    Lidah buaya memang sudah banyak diketahui fungsinya sebagai penghalus kulit. Selain itu juga bisa untuk mempercepat penyembuhan kulit akibat peradangan dan menghilangkan komedo. Caranya ambil lidah buaya lalu potong dan usapkan pada wajah yang berkomedo dan diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih. Baca juga artikel tantang Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan.
  4. Jeruk atau lemon
    Asam dari jeruk atau lemon bisa membantu dalam mengurangi minyak berlebih. Caranya siapkan jeruk atau lemon lalu peras ambil airnya. Sebelum tidur usapkan perasaan air jeruk atau lemon tersebut pada wajah dan diamkan hingga pagi. Kemudian bilas dengan air bersih.
  5. Oatmeal
    Caranya sediakan oatmeal secukupnya, baking soda 1 sendok teh, dan lidah buaya yang sudah di jus 3 sendok. Campur semua bahan dan oleskan pada wajah dan diamkan kurang lebih 5 menit. Bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin seminggu 2 kali.
  6. Uap air
    Caranya tuang air panas ke dalam  mangkuk dan dekatkan ke wajah agar uap menyentuh kulit wajah. Setelah itu olesi wajah dengan madu yang telah dicampur dengan gula. Selain komedo hilang kulit wajah juga akan lembut. Atau juga bisa menggunakan ramuan baking soda. Caranya siapkan baking soda 4 sendok makan, garam 1 sendok teh, dan air kurang lebih 2 sendok makan. Kemudian campur semua bahan dan pakai sebagai scrub wajah.
  7. Es batu
    Ini termasuk langkah yang sangat mudah. Caranya usapkan es batu pada wajah kurang lebih 10 menit. Es batu ini berfungsi untuk  mengencangkan kulit serta mencegah munculnya minyak dan debu yang menempel yang menjadi penyebab munculnya komedo. 
Dalam mengatasi berbagai penyakit secara alami memang sangat dibutuhkan kesabaran yang ekstra, sebab butuh waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel cara menghilangkan komedo secara alami ini bermanfaat.

Anda juga bisa membaca artikel lainnya seperti Cara Menghilangkan selulit atau Cara Menghilangkan Bau badan.

No comments:

Post a Comment