Friday, October 25, 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » » Menjaga Kesehatan Rambut bagi Wanita Berhijab

Menjaga Kesehatan Rambut bagi Wanita Berhijab


Menjaga Kesehatan Rambut Wanita Berhijab
Menjaga Kesehatan Rambut Wanita Berhijab - Tren hijab atau jilbab memang sekarang-sekarang ini lagi ramai dan menjadi gaya busana tersendiri bagi wanita muslimah. Hijab yang pada syariatnya memang diwajibkan bagi wanita muslim sekarang telah berkembang menjadi tren fashion tersendiri. 

Rambut memang menjadi salah satu aset terpenting yang perlu mendapat perhatian karena sering kita mendengar kata bahwa rambut adalah mahkota. Oleh karena itu, rambut juga perlu mendapat perhatian meskipun memakai jilbab.

Memang sih ketika wanita berjilbab, rambut mereka tidak akan terlihat ketika berada di ruang publik. Akan tetapi, ketika mereka memiliki  rambut yang indah tentu itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka. 

Banyak dari wanita yang masih mengeluhkan tentang masalah yang mereka alami ketika memakai jilbab karena memang rambut mereka tertutup dalam waktu yang cukup lama sehingga mengakibatkan rambut kekurangan oksigen, lembab, dan panas. hal tersebut bisa menjadi pemicu munculnya ketombe, kulit kepala gatal, rambut rontok, dan lain-lain. Oleh karena itu, rambut berhijab perlu mendapatkan perhatian yang cukup agar masalah tersebut tidak muncul.

Dalam merawat rambut berhijab sebenarnya tidak terlalu susah, Anda hanya butuh ketelatenan dan rutin dalam merawatnya. Untuk mencari informasi tentang menjaga kesehatan rambut bagi wanita berhijab, Anda bisa mencarinya di buku, majalah, atau di internet yang membahas tentang rambut berhijab.

Di sini inovasi kesehatan akan mencoba membahas dan memberikan tips cara menjaga rambut bagi wanita berhijab yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut tips-tipsnya agar rambut tetap sehat.
  1. Lakukan lah keramas secara teratur kurang lebih 2-3 hari sekali
  2. Pilihlah shampoo yang cocok dan sesuai jenis rambut. Memakai jilbab bisanya cenderung menjadikan rambut menjadi berminyak maka dari itu pilihlah shampoo untuk rambut berminyak.
  3. Setelah keramas pakailah hair tonic pada kulit kepala sambil dipijat-pijat dengan tujuan agar membantu peredaran darah menjadi lancar.
  4. Bagi wanita yang berhijab menjaga kesehatan rambut dengan melakukan creambath juga perlu dilakukan agar kulit kepala bisa selalu mendapatkan nutrisi serta agar menghindari rambut menjadi lepek, lembab, dan berketombe.
  5. Gaya dan pola makan juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Konsumsi lah makanan yang rendah akan kandungan lemak, banyak protein, vitamin C, B, dan zat besi. Makanan tersebut tentunya bisa didapat dari makanan yang alami seperti bayam, kacang-kacangan, buah pisang, dan lain-lain.

Sebelum mengenakan jilbab, Anda sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu kondisi rambut, misalnya
  1. Rambut harus kering
    Sebelum memakai jilbab perhatikan terlebih dahulu apakah rambut sudah benar-benar kering atau belum. Sebab jika rambut masih dalam keadaan basah lalu dipaksa ditutup dengan jilbab akan bisa menyebabkan rambut rapuh dan kulit kepala akan lembab yang bisa menyebabkan munculnya jamur atau ketombe.
  2. Jangan terlalu keras mengikat rambut
    Jika Anda memiliki rambut panjang, maka hati-hati lah mengikatnya jangan terlalu keras karena bisa menyebabkan rambut mudah patah dan rapuh.
  3. Luangkan waktu melepas jilbab
    Melepas jilbab tentunya bukan di depan umum, akan tetapi ketika Anda berada di dalam rumah atau di ruangan yang tertutup. Memakai jilbab seharian juga akan membuat kepala menjadi panas dan berkeringat yang bisa menimbulkan jamur atau ketombe. Melepas jilbab memiliki tujuan agar pori-pori kulit kepala bisa mendapat ruang untuk bernapas.
Selain hal-hal di atas ternyata kesehatan rambut juga bisa dipengaruhi oleh pemilihan bahan jilbab. Oleh karena itu, perhatikan juga tips memilih jilbab untuk merawat kesehatan rambut berhijab.
  1. Bahan yang terbuat dari kaos, spandek, atau katun sangat cocok dipakai karena bahan-bahan tersebut sangat baik dalam menyerap keringat dan tidak panas ketika dipakai sehingga rambut dan kulit kepala bisa terhindar dari lembab.
  2. Hindari pemakaian jilbab yang terlalu tebal, ketat yang tidak nyaman ketika dipakai
  3. Ketika siang hari sebaiknya jangan memakai jilbab dari bahan yang gelap seperti warna hitam. Karena bahan-bahan berwarna gelap akan mudah menyerap panas yang bisa menyebabkan kepala menjadi panas dan lembab.
  4. Sekarang juga tren jilbab yang ditumpuk-tumpuk hingga berlapis-lapis. Jika memang harus memakai yang berlapis usahakan jangan lebih dari 4 sebab akan bisa menyebabkan kepala menjadi panas dan pori-pori susah untuk bernapas.
Demikian artikel pembahasan tentang Kesehatan rambut bagi wanita berhijab semoga bermanfaat. Jika Anda memiliki tips lain silahkan share di sini. Terima kasih!

Anda juga bisa membaca artikel lain yang tidak kalah menarik. Cara memutihkan kulit tubuh secara alami atau Tips merawat wajah.

No comments:

Post a Comment